Waspadai Makanan Penyebab Liver

Makan merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko untuk menderita berbagai macam masalah kesehatan, salah satunya penyakit liver. Untuk itu, kita harus Waspadai Makanan Penyebab Liver yang akan saya jelaskan dibawah ini.

Waspadai Makanan Penyebab Liver

Liver atau Hati merupakan organ yang memiliki peran penting dalam metaolisme, detoksifikasi (menetralkan racun), dan sistem kekebalan tubuh. Karena perannya yang sangat penting, jika terjadi gangguan pada liver, hal tersebut juga akan berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Penyebab penyakit liver dapat bermacam-macam, seperti adanya infeksi, kelainan sistem kekebalan tubuh, hingga riwayat keluarga. Selain itu, pola hidup yang tidak sehat, seperti terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan makanan yang tidak sehat, juga dapat menyebabkan berbagai macam gangguan pada liver.

Waspadai Makanan Penyebab Liver

Berikut dibawah ini adalah beberapa makanan yang dapat menjadi penyebab penyakit liver, yaitu :

  • Alkohol

Alkohol dapat menyebabkan berbagai macam penyakit pada liver. Saat mengkonsumsi alkohol, liver akan bekerja untuk memecah alkohol dan mengeluarkannya dari darah.

Apabila mengkonsumsi alkohol secara berlebihan, liver akan bekerja dengan lebih keras untuk mengeluarkan alkohol dari darah. Disamping itu, enzim-enzim pada liver juga akan rusak akibat kelebihan alkohol.

Pada tahap awal, ini akan menyebabkan perlemakan hati. Akan tetapi, jika ini terjadi terus meneruis, sel-sel hati akan rusak terganti dengan jaringan parut. Kondisi ini disebut juga dengan sirosis dan umumnya sulit untuk diatasi.

  • Makanan Tinggi Gula

Terlalu banyak mengkonsumsi makanan manis atau minuman dengan kafar gula yang tinggi, seperti permen, kue, soda dan jus buah, juga dapat menyebabkan kerusakan pada liver.

Salah satu fungsi liver adalah memproses gula darah menjadi lemak. Jika mengkonsumsi gula secara berlebihan, liver otomatis akan menghasilkan lemak dalam jumlah yang banyak juga.

Lemak yang berlebih ini akan menumpuk dibawah kulit dan lama-kelamaan di organ-organ penting tubuh, termasuk di hati. Sama seperti yang disebabkan oleh alkohol, perlemakan hati yang disebabkan oleh makanan tinggi gula juga dapat berakhir dengan sirosis.

  • Makanan Tinggi Garam

Tubuh memang membutuhkan garam untuk mejalankan berbagai fungsi penting, seperti mengatur pergerakan air didalam tubuh dan membawa sinyal dalam bentuk listrik pada saraf.

Kendati demikian, mengkonsumsi makanan tinggi garam untuk makanan sehari-hari dalam jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan kerusakan pada liver, seperti perlemakan hati. Oleh karena itu, tidak disarankan untuk mengkonsumsi garam lebih dari 1 sendok teh per harinya.

  • Makanan Berlemak

Makanan seperti makanan cepat saji, daging merah, jeroan, dan santan merupakan makanan yang tinggi akan lemak jenuh. Terlalu sering mengkonsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan peradangan pada liver, yang pada akhitnya dapat mengakibatkan tumbuhnya jaringan parut pada liver.

  • Camilan Kemasan

Mengkonsumsi camilan yang tidak sehat secara terus-menerus meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit liver. Hal ini karena berbagai macam camilan kemasan seperti keripik dan wafer, yang banyak tersedia di pasaran seringkali mengandung kadar gula, garam, dan lemak tinggi.

Untuk dapat menghindari berbagai penyakit liver, disarankan selalu Waspadai Makanan Penyebab Liver diatas, Konsumsilah makanan dan camilan sehat yang baik untuk liver, seperti jeruk bali, anggur, bit, bidara, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan ikan yang berlemak sehat.

Rutin berolahraga juga dapat membantu untuk mengurangi lemak berlebih pada tubuh dan menjaga berat badan ideal, sehingga dapat terhindar dari penyakit perlemakan hari. Usahakan untuk berolahraga setidaknya 3 kali dalam seminggu, selama kurang lebih 30 menit.

Semoga bermanfaat

KOPI JRENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *