Tips Aman Berhubungan Seks di Usia Tua

Semakin bertambahnya usia, frekuensi bercinta jadi menurun. Supaya kehidupan seksual tetap optimal meskipun usia tidak muda lagi, coba lakukan beberapa Tips Aman Berhubungan Seks di Usia Tua yang akan saya jelaskan dibawah.

Tips Aman Berhubungan Seks di Usia Tua

Seberapa sering pasangan suami istri melakukan hubungan seksual tentu dipengaruhi oleh berbagai faktor, salah satunya adalah usia. Tidak hanya itu, faktor lain yang tidak kalah penting terkait kemampuan suami istri dalam melakukan hubungan intim adalah gairah seksual, gaya hidup, dan kesehatan tubuh keduanya.

Frekuensi Berhubungan Seksual Berdasarkan Umur

Berdasarkan sebuah penelitian, frekuensi seks pasangan yang sudah menikah akan berbeda-beda menurut kelompok usia masing-masing. Semakin bertambah usia mereka, semakin mereka jarangn berhubungan seks.

Mereka yang berusia 18-29 tahun rata-rata berhubungan seks setidaknya 84 kali dalam setahun alias sekitar dua kali dalam seminggu. Pada usia 40 tahun, frekuensi ini kemudian menurun menjadi 63 kali dalam setahun. Ini artinya, pasangan yang menginjak usia 40 tahun hanya berhubungan seks sekitar satu kali perminggu. Dan saat sudah menginjak usia 70 tahun, frekuensi bercinta mereka menjadi 10 kali dalam setahun.

Meskipun para ahli memprediksi bahwa kehidupan seksual pasangan justru akan menurun seiring bertambahnya usia, bukan berarti kita tidak dapat menikmatinya. Hal ini terbukti pada mereka yang masih dapat menikmati hubungan seksual walau sudah berusia tua.

Tips Aman Berhubungan Seks di Usia Tua

Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menikmati hubungan seksual bagi kalian yang sudah berusia lanjut, yaitu :

  • Coba Lakukan Hal Baru

Pada saat sudah memasuki usia lanjut, tidak jarang mengalami nyeri pada beberapa bagian tubuh. Kondisi ini dapat membuat tubuh menjadi tidak nyaman ketika berhubungan seksual. Untuk itu, kita masih bisa menikmati aktivitas hubungan seksual di usia tua, dengan melakukan beberapa hal baru dan posisi seks baru bersama pasangan.

  • Gunakan Bantalan

Meski sedang menderita radang sendi atau sakit punggung, kehidupan seksual masih dapat berjalan dengan lancar. Ada banyak cara yang dapat dicoba, seperti menaruh bantalan sebagai penyangga atau melakukan hubungan seks dengan posisi berdampingan (side-by-side).

  • Manfaatkan Pelumas

Wanita yang telah memasuki masa menopause rentan untuk mengalami vagina kering. Hal ini membuat hubungan seksual terasa tidak nyaman dan nyeri. Untuk mengakalinya, coba gunakan pelumas vagina berbahan dasar air agar penetrasi seksual tidak terasa sakit.

  • Hindari Stres

stres dapat membuat hormon di dalam tubuh menjadi ternganggu sehingga mengakibatkan gairah seksual menurun. Saat mengalami stres, pembuluh darah arteri dapat menyempit sehingga membatasi aliran darah pada penis. Hal ini mungkin dapat menyebab disfungsi ereksi. Yang jelas, siapapun dapat mengalami kesulitas dalam menikmati aktivitas seksual saat sedang tertekan.

  • Jalin Komunikasi Yang Baik Dengan Pasangan

Tidak sedikit orang yang merasa canggung atau malu untuk membicarakan seks dengan pasangannya. Untuk membina hubungan seks yang baik dan memuaskan, penting untuk mengutarakan isi hati dan kebutuhan seks dengan pasangan. Hal ini bertujuan supaya kepuasan seksual dan kualitas hubngan dan pasangan dapat terjaga.

  • Menerapkan Pola Hidup Sehat

Kondisi kesehatan juga mempengaruhi hubungan pasangan suami istri, terutama yang sudah berusia lanjut. Untuk menjaga kesehatan, disarankan berolahraga secara teratur serta menghindari berbagai kebiasaan buruk yang dapat menimbulkan masalah pada sistem reproduksi, seperti alkohol dan merokok.

Dengan menerapkan Tips Aman Berhubungan Seks di Usia Tua diatas, bukan tidak mungkin kehidupan seksual kita dan pasangan akan menjadi lebih nikmat meskipun sudah memasuki usia tidak muda lagi. Semoga bermanfaat

KOPI JRENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *