Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Pada tulisan artikel kali ini, disini saya akan memberikan beberapa Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil yang bisa dikonsumsi dalam jumlah tertentu dan tidak berlebihan. Selain memliki rasa yang lezat, jambu biji juga mempunyai berbagai macam jenis vitamin yang mempunyai manfaat luar biasa.

Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Di Negara kita Indonesia, jambu biji atau Giava adalah salah satu buah yang tergolong mudah ditemukan dan harganya yang sangat terjangkau. Jambu biji juga dikenal sebagai buah yang dapat membantu dalam memperkuat sistem imunitas tubuh. Hal ini dikarenakan jambu biji mengandung vitamin C yang berperan sebagai antioksidan untuk melindungi sel imun dari kerusakan akibat radikal bebas.

Beberapa Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil

Didalam 100 gram ( 1 buah besar ) jambu biji terkandung sekitar 87mg vitamin C. Jumlah ini sudah mencukupi kebutuhan vitamin C harian ibu hamil yang dianjurkan. Selain vitamin C, jambu biji juga mengandung berbagai nutrisi lain yang dibutuhkan selama kehamilan. Nutrisi tersebut adalah :

  1. Karbohidrat
  2. Serat
  3. MIneral, seperti Kalsium, Fosfor, Natrium, Kalium, Tembaga, dan Seng
  4. Beta Karoten
  5. Vitamin B1, B2, B3, dan B9

Melihat banyaknya nutrisi yang terkandung didalam jambu biji, tidak heran lagi jika buah ini menawarkan berbagai macam manfaat untuk kesehatan, terutama pada perkembangkan janin. Dibawah ini adalah beberapa manfaat jambu biji yang sangat sayang jika dilewatkan oleh ibu hamil. Yaitu :

  • Meningkatkan Penyerapan Zat Besi

Selain menjaga imunitas, vitamin C yang terkandung dalam jambu biji dapat meningkatkan penyerapan zat besi didalam tubuh ibu hamil. Zat besi diketahui memiliki peranan yang penting untuk membantu mengalirkan oksigen ke janin.

Perlu ibu hamil ketahui, bahwa selama kehamilan. Jumlah zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh bertambah dua kali lipat. Jika kekurangan zat besi, maka berisiko mengalami anemia yang dapat membuat bumi merasa pusing, lelah, dan lemah.

  • Mencegah Cacat Lahir Bayi

Kandungan vitamin B9 atau Asam Folat dalam jambu biji mempunyai banyak manfaat untuk ibu hamil dan janin yang dikandungnya. Hal ini karena asam folat berperan penting dalam pembentukan, perbaikan, dan fungsi DNA, yang akan mempengaruhi pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin.

Mencukupi nutrisi vitamin B9 atau asam folat selama kehamilan dapat mengurangi risiko terjadinya kecacatan pada otak dan saraf bayi, seperti anensefali dan spinda bifida.

  • Mengatasi Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan adalah hal yang umum terjadi selama masa kehamilan. meski demikian, kondisi ini dapat membuat anda merasa tidak nyaman dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

Serat yang terkandung didalam jambu biji dapat membantu meringankan masalah pencernaan yang mungkin dapat dialami, seperti refluks, diare, dan sembelit. Selain itu, mencukupi asupan serat selama hamil akan mencegah bumil mengalami sembelit.

  • Mengurangi Rekanan Darah Tinggi

Semua ibu hamil mempunyai risiko dalam mengalami preeklamsia, yaitu komplikasi kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi. Ibu hamil dapat menafaatkan jambu biji untuk menurunkan risiko terjadinya preeklamsia.

Sebuah penelitian yang emngatakan bahwa dengan rutin mengkonsumsi jambu biji setiap hari dapat menurunkan tekanan darah pada orang yang mengalami tekanan darah tinggi. Walaupun memang harus dilakukan penelitian lebih lanjut, tidak ada salahnya untuk mencoba.

  • Mendukung Pembentukan Organ tubuh Janin

kandungan tembaga dalam jambu biji berguna dalam membentuk sel darah merah lebih banyak untuk mencukupi kebutuhan oksigen dan nutrisi janin. Tidak hanya itu saja, kandungan mineral ini jgua dapat mendukung pembentukan jantung, pembuluh darah, serta sistem kerangka dan saraf bayi didalam kandungan.

Manfaat jambu biji tidak hanya untuk mengatasi masalah kesehatan pada ibu hamil saja, tetapi juga dapat mendukung perkembangan janin. Untuk mendapatkan manfaat baik tersebut, disarankan untuk memasukan jambu biji kedalam menu makan harian.

Selain dari jambu biji, jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dari berbagai makanan sehat lainnya untuk mendukung perkembangan janin. Selain itu, bumil juga dapat berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan makanan yang baik dikonsumsi.

Semoga saja artikel yang saya tulis mengenai Manfaat Jambu Biji untuk Ibu Hamil dapat bermanfaat untuk kita semua.

KOPI JRENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *