Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Selain dapat menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan tertentu juga bisa mempunyai dampak baik untuk kesehatan vagina. Dibawah ini, saya akan menuliskan beberapa daftar Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Vagina yang bisa kalian konsumsi.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Vagina adalah bagian dari organ reproduksi wanita yang mempunyai fungsi sangat penting. Jika tidak dirawat dengan baik, vagina akan berisiko mengalami ganguan yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan, aktivitas seksual, hingga kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan Vagina

Kalian mungkin tidak akan menyangka, ada banyak jenis makanan yang dapat menyehatkan vagina. Yaitu :

  • Ubi

Ubi kaya dengan beta karoten dan vitamin A. Nutrisi ini diketahui dapat membantu memperkuat jaringan otot pada dinding rahim dan vagina, meningkatkan kesuburan, serta membantu memproduksi hormon seks. Selain itu, ubi juga menjadi makanan yang direkomendasikan untuk para wanita dengan PCOS.

  • Apel

Buah apel mengandung phloridzin, yaitu salah satu senyawa kimia tumbuhan yang bekerja seperti hormon estrogen, sehingga dapat melancarkan aliran darah pada vagina dan menjaga kesehatan vagina. Selain itu, senyawa ini juga diduga dapat meningkatkan libido dan menunjang fungsi reproduksi wanita.

  • Alpukat

Alpukat kaya dengan lemak sehat, vitamin B6, serta kalium. Ketiga nutrisi ini diketahui dapat memperkuat otot dinding vagina, mengatasi vagina kering, dan meningkatkan libido. Tidak hanya itu, buah yang nikmat disajikan sebagai jus juga diketahui dapat meningkatkan keberhasilan program bayi tabung.

  • Kedelai

Kedelai serta produk olahannya, seperti tempe dan tahu, diyakini sangat bermanfaat untuk kesehatan vagina. Kandungan fuitoestrogen pada kedelai dapat mengatasi penurunan kadar hormon estrogen di dalam tubuh wanita yang sedang mengonsumsi obat-obatan tertentu atau berada di fase menopause.

  • Sayuran Hijau

Bayam, kale, dan sawi, adalah sayuran hijau dengan nutrisi tinggi yang dapat melancarkan sirkulasi darah di vagina dan mencegah vagina kering. Selain itu, vitamin E, magnesium, dan kalsium pada sayuran hijau juga bermanfaat untuk kesehatan otot vagina.

  • Makanan Probiotik atau Prebiotik

Sama seperti usus, vagina juga mempunyai bakteri baik yang berfungsi untuk mempertahankan kadar keasaman (pH) vagina dan mencegah infeksi. Untuk itu, kalian bisa mengkonsumsi makanan probiotik, seperti kimchi, yoghurt, teh kombucha, agar jumlah bakteri baik pada vagina tetap terjaga.

Diatas itulah beberapa makanan yang bisa dikonsumsi untuk meningkatkan kesehatan vagina. Selain mengkonsumsi makanan diatas, pastikan juga selalu menjaga kesehatan vagina, mulai dari memperhatikan kebersihannya, menggunakan celana dalam dengan bahan yang menyerap keringat dan ukuran yang nyaman, sampai melakukan hubungan seks yang sehat.

JIka kalian mengalami keputihan dengn warna yang berbeda dari biasanya, berbau, dan gatal, perdarahan yang tidak wajar atau nyeri saat berhubungan seksual, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan. Semoga bermanfaat

KOPI JRENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *