Kurang Gerak Bisa Menimbulkan Varises

Ternyata Kurang Gerak Bisa Menimbulkan Varises, terutama disekitar otot kaki, seperti betis, paha, dan lainnya. Varises ini bisa timbul karena urat didalam tubuh tidak berfungsi dengan baik dan menjadikan sirkulasi darah tidak lancar serta terhambat.

Jika pada kaki terlihat urat-urat halus menyembul disekitar betis belakang, bisa jadi anda terkena kelainan yang disebab varises. Kelainan ini terjadi di pembuluh darah balik (vena) yang berfungsi mengangkur darah sisa metabolisme dari seluruh jaringan tubuh dan kembali ke jantung. Varises menyebabkan sirkulasi darah menjadi tidak lancar, karena terhambat disekitar betis dan tungkai kaki saat menahan berat tubuh. Selain pada bagian kaki, belakangan ini diketahui varises juga dapat terjadi pada bagian lengang.

Kurang Gerak Bisa Menimbulkan Varises

Menurut Dr. Alexander Jayadi Utama, SpB(K)V, dari RS Mitra Kemayoran, penyebab timbulnya varises adalah berkurangnya elastisitas dinding pembuluh vena yang menyebabkan pembuluh vena melemah dan tidka sanggup mengalirkan darah ke jantung, sebagaimana mestinya.

Aliran darah dari kai ke jantung sangat melawan grativitasi bumi. Karena itu pembuluh darah harus kuat, begitu juga dengan dinamisasi otot disekitarnya. Rusak katup pembuluh darah dapat membuat darah berkumpul dan menyebabkan gumpalan yang mengganggu aliran darah.

Biasanya, gejala-gejala seseorang mengalami varises seperti kaki dan tungkai terasa berat, diikuti otot yang mudah pegal, dan kaku. Jika malam kaki terasa sakit, mudah kram meski kaki dalam kondisi santai, itu juga menjadi salah satu tanda varises.

Menurut Dr. Alexander, terjadinya varises juga dipengaruhi banyak faktor, seperti keturunan, kehamilan, Kurang Gerak, merokok, terlalu banyak berdisi, menderita kolesterol tinggi, kencing manis, dan memakai sepatu hak tinggi.

Untuk mencegah terjadinya kelainan itu, diusahakan berbaring dengan posisi kaki dan tungkai lebih tinggi dari tubuh selama 20 menit, setelah beraktivitas setiap hari. Tetapi, untuk mereka yang sudah menderita varises, usahakan tidur dengan posisi seperti itu sepanjang malam, tidak berdiri terlalu lama, dan dianjurkan melakukan yoga setiap hari.

Selain pencegahan, varises juga dapat dihilangkan dengan cara dipijat. jangan memijat daerah yang bervarises karena dapat menyebabkan pecahnya pembuluh vena. Lakukan pijatan secara ringan namun teratur, didaerah rawan varises dengan arah menuju jantung. Lakukan dengan lembut dan gunakan minyak esensial yang sudah dilarutkan.

Untuk pencegahan dari dalam tubuh, konsumsilah sayuran dan buah berserat tinggi, serta makanan yang dapat merangsang sirkulasi darah seperti, bawang, jahe, dan cabai.

Nah untuk kalian yang memang sedang mengalami varises bisa mencoba tips diatas, dan untuk yang sedang menjaga kesehatan silahkan kalian coba juga. Memang salah satu penyebab terjadinya varises adalah kurang nya tubuh dalam bergerak.

Semoga saja artikel Kurang Gerak Bisa Menimbulkan Varises ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

KOPI JRENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *