Kembali Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar

Kapankah waktu Kembali Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar yang paling direkomendasikan agar tetap aman dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan, karena setelah melakukan operasi caesar membutuhkan waktu untuk pemulihan.

Memang berhubungan seks setelah melahirkan dapat menjadi sesuatu hal yang menegangkan untuk sebagian wanita. Tidak hanya untuk mereka yang melahirkan normal, tetapi untuk para wanita yang melahirkan melalui operasi caesar juga dapat merasakan hal yang sama.

Kembali Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar

Banyak sekali orang yang beranggapan hubungan seksual akan lebih mudah dilakukan setelah melahirkan dengan operasi caesar. Tapi faktanya itu tidak semuanya benar, Penelitian yang menunjukkan bahwa wanita yang melahirkan normal atapun caesar, sama-sama mengalami berbagai macam hambatan saat kembali berhubungan seks.

Membutuhkan Proses Pemulihan

Setelah melahirkan dengan operasi caesar, biasanya akan dirawat di rumah sakit sekitar 2-4 hari. Secara bertahap, dokter akan menghentikan pembetian obat pereda nyeri dan mencabut kateter yang menampung urine.

Pendarahan pada vagina umumnya akan tetap menimpa wanita yang melahirkan dengan operasi caesar, meski tingkat pendarahan yang dialami lebih sedikit dibandingkan melahirkan normal. Tetapi, sebenarnya proses pemulihan melahirkan normal dan caesar tidak juh berbeda.

Pada umumnya, dokter akan menyarankan hubungan seks kembali dilakukan sekitar 4-6 minggu setelah melahirkan, baik normal ataupun caesar. Pada kisaran masa yang disarankan ini, leher rahim sudah kembali menutup dan penderahan diharapkan sudah terhenti.

Proses pemulihan setelah melairkan dengan operasi caesar sedikit berbeda, yaitu lebih terfokus pada area perut. Staples yang direkatkan pada jahitan setelah operasi caesar biasanya akan diangkat selama satu minggu. Meski pada kondisi nyata, bekas luka jahitan dianggap benar-benar sembuh sekitar enam minggu setelah persalinan. Tetapi, setiap wanita dapat merasakan hal yang berbeda, ada yang dapat melakukan hubungan seks kembali lebih cepat dan lambat.

Mengenali Faktor Yang Menghambat

Melahirkan dengan operasi caesar tidak secara langsung akan mengganggu gairah seks wanita baru melahirkan. Hanya saja, sering kali banyak faktor yang mempengaruhi gairah tersebut. Seperti, terlalu lelah mengurus bayi yang menjadi orang tua kurang tidur atau pengaruh hormon menyusui yang mungkin dapat menurunkan gairah seks. Perubahan hormon tersebut kemudian dapat menyebabkan organ intim menjadi lebih kering dan nyeri saat mengalami gesekan. Hal ini dapat disebabkan karena berkurangnya pelumas alami pada organ intim.

Pemakaian beberapa jenis alat kontrasepsi juga diketahui dapat berkurangnya kadar pelumas alami pada organ reproduksi wanita. Keluhan lain yang sering mengganggu gairah seks pada wanita setelah melahirkan dengan operasi caesar adalah rasa tidak nyaman di sekitar jahitar area operasi.

Tips Berhubungan Seks Menyenangkan Setelah Operasi Caesar

Agar hubungan seks setelah operasi Caesar dapat terasa nyaman dan menyerangkan, cobalah untuk mengikuti beberapa tips dibawah ini.

  1. Buang air kecil sebelum berhubungan seks atau mendi air hangat yang dapat merelaksasi tubuh dan fokuskan pikiran pada pasangan serta hindari memikirkan hal-hal lain yang mengganggu
  2. Penting untuk memaksimalkan komunikasi dengan pasangan sebelum berhubungan seks. Minta pasangan untuk sedapat mungkin membuat anda rileks, seperti memijat punggung atau pinggang. Tidak perlu segan menggunakan pelumas tambahan untuk menghindari rasa nyeri saat penetrasi sensual
  3. Pilih posisi berhubungan seks yang menghindari penekanan pada area sekitar perut. Posisi ini akan meminimalkan rasa tidak nyaman.
  4. Usahakan untuk tetap rileks saat berhubungan seks. Ingat bahwa hubungan seks tidak semata-mata secara fisik saja, melainkan melibatkan kondisi emosi, rasa takut atau ragu akan mempengaruhi kelancaran hubungan tersebut.
  5. Hindari tindakan terburu-buru saat berhubungan seks. Kemungkinan kamu perlu penyesuaian selama beberapa saat. Jangan juga membandingkan diri dengan orang lain, sebab setiap orang dan pasangan dapat berbeda-beda.
  6. Segera konsultasikan kepada dokter jika setelah berhubungan seks terjadi pembengkakan pada area sekitar jahitan, timbul kemerahan, muncul rasa nyeri, atau bahkan jahitan tampak terbuka.

Memang waktu dan cara berhubungan seks setelah operasi caesar pada umumnya dianggap tidak jauh berbeda dengan melahirkan normal. Dan diatas merupakan waktu Kembali Berhubungan Seks Setelah Operasi Caesar yang harus anda ketahui. Semoga Bermanfaat

KOPI JRENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *