Cara Menggunakan Kondom Wanita yang Benar

Cara menggunakan kondom wanita dengan pria sangatlah berbeda, jika digunakan dengan cara yang benar, kondom wanita dapat mencegah kehamilan dan melindungi wanita dari infeksi menular seksual. Maka dari itu, kalian harus mengetahui Cara Menggunakan Kondom Wanita yang Benar, seperti yang akan saja jelaskan dibawah ini.

Cara Menggunakan Kondom Wanita yang Benar

Kondom wanita adalah alat kontrasepsi yang berfungsi untuk menahan sperma supaya tidak memasuki rahim saat berhubungan intim, sehingga kehamilan dapat dicegah. Tidak hanya itu, jika digunakan dengan benar, kondom wanita juga mampu mencegah infeksi menular seksual seperti HIV/AIDS, Sifilis, Gonore, dan Hepatitis B.

Cara Menggunakan Kondom Wanita yang Benar

Kondom wanita yang sekarang banyak dijual dalam berbagai merek adalah kondom yang dibuat dari bahan karet sintesis. Kondom ini dilengkapi dengan lingkaran pada kedua ujungnya. Satu lingkaran yang tertutup berada di dalam vagina.

Tingkat keberhasilan kondim wanita sebagai alat kontrasepsi dapat mencapai 95%, jika digunakan dengan tepat. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dan mengikuti petunjuk pemakaian kondom wanita dengan baik supaya tidak mengurangi kualitasnya.

Dibawah ini adalah cara menggunakan kondom wanita yang benar supaya manfaatnya yang didapatkan maksimak, yaitu :

  1. Buka kemasan kondom secara perlahan dan hindari membuka kemasan dengan gunting atau gigi agar tidak robek.
  2. Ambil kondom dari kemasan dengan hati-hati.
  3. Jepit lingkaran pada ujung kondom yang tertutup dengan jari tengah dan ibu jari, lalu masukkan ke dalam vagina.
  4. Pisahkan bibir vagina menggunakan jari telujuk, kemudian tekan kondom sedalam mungkin hingga menyentuh leher rahim.
  5. Pastikan lingkaran di bagian ujung kondom yang terbuka tetap berada di luar vagina serta menutupi area sekitar bukaan vagina atau vulva.
  6. Arahkan penis masuk ke dalam kondom dengan baik, bukannya ke dalam celah antara vagina dan kondom.
  7. Segera lepas kondom wanita setelah selesai berhubungan seks.
  8. Tarik kondom keluar dari vagina secara perlahan dengan memutar lingkaran terluar agar air mani tidak tumpah.
  9. Buanglah kondom yang sudah digunakan di tempat sampah dan jangan buang di toilet.

Beberapa Hal Yang Perlu diperhatikan Dalam Menggunakan Kondom Wanita

Selain mengetahui cara menggunakan kondom wanita yang benar, ada juga hal-hal yang harus kalian perhatikan ketika memakainya, yaitu :

  1. Selalu gunakan kondom wanita yang baru saat berhubungan intim. Setelah manampung air mani, kondom wanita harus segera dikeluarkan dari vagina dan dibuang.
  2. Kondom wanita bisa dimasukkan hingga 8 jam sebelum berhubungan intim.
  3. Pastikan penis tidak bersentuhan dengan vagina sebelum kondom dipasang.
  4. Hindari penggunaan kondom wanita bersamaan dengan kondom pria karena bisa membuat kedua kondom saling menempel dan rusak.
  5. Periksa tanggal kedaluwarsa kondom. Hindari pemakaian kondom yang sudah kedaluwarsa karena bisa saja kurang efektif.
  6. Hindari kondom wanita yang sudah ada tanda-tanda kerusakan, seperti robek atau lubang kecil.
  7. Gunakanlah pelumas tambahan berbahan dasar air dan hindari pelumas yang berbahan dasar minyak, seperti petroleum jelly, karena bisa menyebabkan kondom mudah sobek.

Dengan mengetahui cara menggunakan kondom wanita yang tepat, kalian dapat mengurangi risiko tertular penyakit menular seksual atau kehamilan yang tidak diinginkan. Kondom wanita juga dapat menjadi alternatif kontrasepsi yang mudah digunakan, jika pasangan tidak bersedia menggunakan kondom.

Meskipun harganya relatif mahal daripada kondom pria, kondom wanita relatif lebih aman digunakan dan jarang menimbulkan reaksi alergi atau efek samping, terutama pada wanita yang alergi dengan lateks.

Supaya risiko terjadinya kehamilan dapat ditekan, bisa memadukan penggunakan kondom wanita dengan alat kontrasepsi hormonal, seperti pil KB atau KB suntik.

Diatas itulah beberapa Cara Menggunakan Kondom Wanita yang Benar. Jika kalian masih memiliki pertanyaan seputar kondom wanita, atau bingung memilih alat kontrasepsi yang tepat, jangan ragu utnuk berkonsultasi dengan dokter. Semoga Bermanfaat

KOPI JRENG

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *